Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Metode Flash Vivo Y15 Via SP Flashtool dan SD Card

Flash Vivo Y15 kali ini bertujuan agar untuk menginstall ulang ROM untuk memperbarui software di handphone pada vivo Y15 agar kembali fresh seperti baru. Berbicara soal flashing, tentu hal ini menyangkut beberapa masalah. Masalah yang akan sering terjadi adalah karena terjadinya Bootloop (gagal booting), matot (mati total), atau karena terkena virus.


Bootloop merupakan kerusakan yang terdapat pada software, penyebab dari masalah ini yaitu perangkat tidak dapat melakukan booting untuk masuk ke dalam sistem. Sebagai contoh, Ketika saat perangkat akan dinyalakan hanya mentok pada logo Vivo saja, terkadang sampai restart dan mentok di logo itu kembali.

Berbeda lagi dengan perangkat yang terkena virus, kita ambil contoh virus Engriks. Apakah smartphone kalian pernah mengalami menampilkan peringatan “Unfortunately Measure/Engriks Has Stopped” pada android kalian? Jika iya, selamat smartphone android kalian telah terinfeksi virus Engriks.

Setelah terkena virus ini, smartphone kalian akan terus menampilkan peringatan-peringatan aneh, seperti Monkey Test has stopped, dll. Nah cara terbaik mengatasi virus tersebut yaitu dengan cara melakukan flash.

Disini Dongkrak Hp akan menjelaskan 2 metode cara flash Vivo Y15 melalui flashtool dan sd card, lalu bagaimana caranya? Simak keterangan dibawah ini:

Cara Flash Vivo Y15 via SP Flashtool


Kalian sebelum melakukan proses flash melalui SP Flashtool, pastikan smartphone dalam kondisi full charging atau telah terisi cukup minimal 80%, untuk menghindari terjadinya kegagalan proses instalasi yang diakibatkan perangkat kehabisan daya, terutama saat booting pertama kan lama. Ini bertujuan agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada smartphone kalian.

Persiapkan Tools dan File

Beberapa tools dan file yang dibutuhkan:
  • PC/laptop yang menggunakan OS Windows 7.
  • Kabel Data USB (anda bisa menggunakan kabel original).
  • Firmware Vivo Y15 (1GB) Kalian ekstrak filenya .
  • SP Flashtool (51MB), kemudian kalian ekstrak dan instal SP Flashtool.
  • USB Driver Mediatek, Kalian download dan install pada PC/laptop kalian.

Jika semua bahan diatas telah siap, Simaklah langkah-langkah dibawah ini terlebih dahulu, kemudian lakukan flashing pada smartphone kalian, agar tidak ada kegagalan.

Tahapan Flashing Vivo Y15 Menggunakan SP Flashtool
  1. Kalian buka SP Flashtool. Caranya, buka folder Flashtool dan cari file flash_tool.exe, Lalu klik kanan pada file tersebut dan pilih “Run as administrator”.
  2. Jika SP Flashtool sudah jalan dan terbuka, pilih opsi Download. Kemudian klik pada Scatter-Loading File dan masukkan file scatter yang terdapat pada folder firmware Vivo Y15 yang telah kalian siapkan dan sudah di extract tadi.
  3. Jika file scatter sudah dimasukan, ingat! kalian hilangkan centang pada Preloader nya kemudian klik Download.
  4. Langkah selanjutnya, kalian lepas batre hp kalian.
  5. Selanjutnya hubungkan smartphone vivo y15 kalian ke PC/laptop menggunakan kabel USB sambil menekan tombol Volume UP, tahan hingga ponsel terdeteksi oleh PC/laptop. Tunggu proses flashing berjalan.
  6. Jika proses flash berhasil dan berjalan lancar, biasanya akan muncul lingkaran hijau OK yang menandakan proses flash berhasil di jalankan dan sudah selesai.
  7. Lalu kalian close saja SP Flashtool, kemudian lepaskan kabel USB dari PC/laptop, Sekarang coba nyalakan smartphone Vivo Y15 kalian.
  8. INGAT! Proses booting pertama biasanya akan membutuhkan waktu beberapa menit, dikarenakan perangkat sedang menyesuaikan dengan ROM baru yang sudah di flash.
  9. Tahap flash via SP Flashtool telah selesai, selamat.

Cara diatas merupakan metode flashing menggunakan SP Flashtool, nah disini akan dijelaskan juga cara flashing Vivo Y15 menggunakan SD card. Lalu bagaimana cara flash menggunakan SD card? Apakah bisa? Tentu saja bisa, Simak cara dibawah ini:

Cara Flash Vivo Y15 Via SD Card


Sebelum lanjut ke tahap flashing, siapkan terlebih dahulu bahan yang akan digunakan. kalian dapat mendownload Firmware Vivo Y15 di google banyak ko hehehe, nanti update saya akan beserta file download nya, untuk sementara saya tidak sertakan file nya.

Metode 2 Cara Flash Vivo Y15 Menggunakan SD Card
  1. Langkah pertama silahkan kalian siapkan Firmware Vivo Y15 Via SD Card.
  2. Setelah itu kalian salin Firmware Vivo Y15 pada kartu memori (space SD Card harus lebih 800MB).
  3. Silahkan kalian masuk ke menu recovery Vivo Y15, caranya dengan menekan tombol Volume Up + Power secara bersamaan hingga masuk ke select boot, Jika gagal kalian ulang lagi saja.
  4. Selanjutnya kalian klik Recovery Mode (untuk navigasi pilih memakai tombol Volume, untuk konfirmasi menggunakan tombol Power).
  5. Jika kalian sudah masuk di menu recovery mode, kemudian kalian pilih Apply update from external sd card.
  6. Silahkan kalian cari lalu pilih file firmware Vivo Y15 yang terdapat di kartu memori dan tunggu proses flashing hingga selesai.
  7. Jika proses flash telah berakhir hingga selesai, maka smartphone Vivo Y15 akan reboot dengan otomatis.
  8. Selamat, proses flash Vivo Y15 Via SD Card telah selesai.

Kalian pilihlah salah satu cara flash vivo Y15 yang menurut anda paling mudah diterapkan, semoga dengan menerapkan cara ini, hp vivo y15 kamu bisa diperbaiki. Sekian 2 Metode Cara Flash Vivo Y15, Jika ada yang ingin ditanyakan dan kurang paham, silahkan tanyakan dikomentar, jangan malu - malu untuk meninggalkan jejak di blog ini hehe, baik sekian dari saya, sampai jumpa pada artikel saya selanjutnya.

Posting Komentar untuk "2 Metode Flash Vivo Y15 Via SP Flashtool dan SD Card"