Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peralatan Service Handphone Bagi Teknisi Tahap Awal


Alat Service Handphone - Setiap teknisi entah itu teknisi motor, mobil, tv dan lain sebagainya pasti memiliki peralatan yang kusus untuk mengatasi setiap permasalahan dan membantu dalam mengatasi permasalahannya.

Pada kali ini Dongkrak HP akan berbagi tentang Peralatan Service Handphone, alat yang digunakan untuk mengatasi masalah Hardware (perangkat keras) dan tidak bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan Software (perangkat lunak).


Berikut inilah ringkasan perlengkapan dalam service handphone :

  1. Obeng (Kusus Handphone): Obeng ini memiliki beberapa varian seperti obeng kembang, bintang dan lain-lain, dan ukurannya pun kesil tidak seperti obeng pada umumnya.
  2. Pinset : Ada dua jenis pinset yang digunakan oleh teknisi handphone yaitu pinset lengkung dan pinset lurus Fungsinya Untuk menjepit komponen pada saat melepas atau memasang komponen.
  3. Multitester: Alat ukur ini sangat penting untuk dimiliki oleh seorang teknisi handphone karena memiliki banyak manfaat untuk mengetahui apakah komponen masih bagus atau tidak. Cara Analisa Jalur dan Komponen HP menggunakan Multitester
  4. Solder Manual : Alat yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi handphone yang berfungsi untuk mematri dan melepas komponen pada PWB.
  5. Solder Uap (Blower) : Alat yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi handphone. Kenapa diberi nama solder uap?Karna solder ini memiliki udara yang panas yang mampi mencairkan timah, dan suhu udaranya dapat kita atur panasnya. Fungsinya untuk mencairkan timah dan untuk mencabut atau mengangkat dan memasang komponen(IC). Cara Angkat Cetak Pasang IC Handphone Dengan Mudah
  6. Timah : Timah yang digunkan untuk mematri komponen dengan ukuran kecil sebesar 0,3mm (kalo ga salah) berfungsi sebagai perekat komponen pada PWB.
  7. Timah Pasta : Timah ini berbeda dengan timah yang saya sebutkan diatas, timah paste berbentuk cair seperti pasta gigi. Fungsinya untuk membuat kaki-kaki pada IC.
  8. Penjepit PCB : Alat yang sering digunakan oleh teknisi untuk menjepit PWB handphone agar tidak bergerak pada saat pelepasan/pemasangan komponen.
  9. Cairan IPA (Tiner Inpala) : Cairan yang sering digunakan tekhini untuk membersihkan komponen dan PWB dari fluks setelah pen-solderan selesai.
  10. Plate BGA : Alt ini digunakan utntuk mencetak kembali kaki-kaki IC yang telah rusak. Bahan yang digunakannya adalah timah paste.
  11. Kawat Jumper : Kawat ini digunakan untuk menghubungkan jalur PWB yang putus (Jumper) atau lebih terkenal dengan sebutan teknik jumper.
  12. Fluks (siongka) : Berbentuk cairan kental seperti pasta gigi yang berfungsi untuk mempercepat dalam men-solder dan berfunsi juga untuk melindungi komponen dari panasnya udara dari solder uap (blower).
  13. Lampu Service : Lampu ini berfungsi untuk menerangi handphone saat proses pengerjaan.
  14. DC Power Supply : Sumber tegangan yang bisa digunakan untuk menghidupkan hp, mencarge dan juga untuk pengecekan hp. Cara Analisa Handphone Matot Dengan Power Supply
  15. Skema Jalur (Schematik Diagram) : Skema yang sangat penting bagi teknisi dalam menganalisa jalur agar lebih mudah menemukan jalur yang rusak atau putus.

Jadi itulah alat-alat yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi tahap awal, dan sebenarnya masih banyak lagi yang di perlukan dan wajib dimiliki untuk tahap selanjutnya. Baik jadi hanya itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, Semoga artikel Peralatan Wajib Untuk Service Handphone dapat bermanfaat bagi para calon teknisi awal, sampai jumpa di artikel saya selanjutnya. Salam Blower

Posting Komentar untuk "Peralatan Service Handphone Bagi Teknisi Tahap Awal"