Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan IC EMMC dan IC EMCP Pada Smartphone Android

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Perbedaan IC EMMC dan IC EMCP Pada Android, nah pertama yang perlu kalian ketahui itu adalah apa itu emmc ?

IC EMMC adalah embedded multi media card ( ic penyimpanan multi media tanam ) atau managed nand termasuk golongan Nand Flash Memory yang mampu menghandle data - data perkelompok yang disebut "pages" dalam kecepatan sangat tinggi baik "read / write" yang biasanya diakses per block berisi 512 bits.


EMMC ini tidak memerlukan eksternal host kontroler karena sudah ada tertanam didalamnya. teknologi managed nand ini membuat jumlah kaki interfacenya ( pin ) lebih sedikit (VCC, VSS, VCCQ, VSSQ, VDDI, RESET, CLK, CMD , 8X DAT ) dan komunikasi nya lebih cepat dibanding dengan teknology raw nand.
IC EMMC berbentuk chip ic kemasan yang biasa disebut FBGA ( fine pitch ball grid array ) atau LFBGA ( low profile fine pitch ball grid array ).

EMCP adalah gabungan nya dari emmc dan DDR ( ram ) dan memiliki istilah mirip dengan DDR komputer ( DDR1, DDR2, DDR3 ) namun hanya saja beda istilah yaitu biasa disebut LPDDR1, LPDDR2, LPDDR3 yang jumlah pin kakinya juga tentu lebih banyak dibanding ic emmc. tetapi sayangnya saat ini hanya bisa menganalisa kerusakan pada memory internalnya saja ( emmc ) . sepertinya masih belum ada tools yang sudah menyediakan fasilitas pendeteksi kerusakan pada DDR di emcp chip. Atau bila sudah ada toolnya nanti akan saya update ulasannya oke. nah saya satukan sekarang langsung mengenai pengertian LPDDR dalam EMCP Android

Pengertian LPDDR dalam EMCP Smartphone Android


Berada didalam EMCP ini terdapat suatu chip yang mirip dengan komponen pada komputer ( memory DDR ) yang pada istilah bidang smartphone biasa disebut LPDDR. memory DDR pada komputer dan LPDDR adalah hampir mirip sama cuma beda istilah dan supply saja, yaitu sebagai komponen memory SDRAM. kepanjangan dari ini LPDDR adalah LOW POWER DOUBLE DATA RATE ( Type SDRAM ). jenis dan kecepatan pada LPDDR ini juga bermacam-macam intinya banyak, seperti DDR SDRAM pada komputer. berikut teknologi chip LPDDR pada EMCP :


  1. Mobile DDR ( MDDR) atau biasa disebut LPDDR1
  2. LPDDR2
  3. LPDDR3


Nah semakin tinggi nilai angka dibelakang huruf semakin cepat pula proses yang dijalankan chip tersebut ( semakin cepat kinerja smartphone ). Ingat LPDDR ini dibagi menjadi 2 system instruksi yaitu x32 ( x86 ) / x16 ( x64 ) . nilai besaran nya ( SIZE RAM ) juga berbeda ada yang 512, 1GB, 2GB, 4GB, 8GB dan sampai seterusnya tergantung teknologi vendor pembuatnya. Setiap hp memiliki type LPDDR yang berbeda dan tidak selalu sama. Pergantian EMCP harus sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan nya, pencarian data spesifikasi harus dilakukan jika komponen pengganti EMCP tidak bermerek sama ( persamaan ) jika tidak maka tentu saja EMCP baru yang dipasang tidak akan bekerja.

contoh produk chip EMCP dan spesifikasi :


  1. EMCP KML5U000HM => ram 8GB => LPDDR1
  2. EMCP KMN5U000FM => ram 4GB => system x16 => LPDDR2
  3. EMCP KMK5U000VM => ram 8GB => system x32 => LPDDR2


Ada beberapa vendor smartphone yang menggunakan LPDDR secara terpisah, ( CPU + LPDDR + EMMC ) . biasanya dapat sering dijumpai diatas ic CPU ( tumpuk ) dan EMMC terpisah. design hardware untuk ini bisa dijumpai pada beberapa produk SAMSUNG smartphone type NOTE dan TABLET.

demikian kurang lebih nya penjelasan tentang LPDDR, semoga kalian paham..

contoh package ic emmc dan emcp :


  1. pkg 169 / 153 ( emcp )
  2. pkg 162 / 186 ( type emmc dan emcp )
  3. pkg 221 ( emcp )



Inilah beberapa contoh produsen emmc / emcp beserta kode produk :


  1. samsung : produknya yang selalu berawalan KM / KL contoh KMVTU
  2. sk hynix : produknya yang selalu berawalan H9TP / H26 contoh H9TP32A4JDAC
  3. sandisk : produknya yang selalu berawalan SD / SDIN contoh SDIN5D2
  4. micron : produknya yang selalu berawalan MT / JW contoh JW882
  5. toshiba : produknya yang selalu berawalan THG contoh THGBM5G
  6. kingston : produknya yang selalu berawalan KE / KS contoh KE4CN2L


Ingat untuk tingkat keawetan emmc merk samsung masih dalam tahap uji ketahanan. Tetapi untuk emmc skhynix JDAC maupun JDCC dan sekelasnya sudah kami uji hanya bertahan kurang lebih 2 tahun sejak pemasangan dengan kondisi ic masih baru. tentu hasil ini tergantung tingkat pemakaian hp secara wajar.

Pada pengertian partisi A/B seamless android update pada nougat / oreo bisa kalian baca nanti saya akan update lagi lebih dalam. Nah kebanyakan orang menyebut semuanya itu sama yaitu emmc, tapi gak apa-apa, yang penting sekarang sudah tahu perbedaannya kan mas mas.
jika menurut kalian masih kurang penjelasan istilah - istilah lainnya anda bisa mencarinya di wiki saja bagi yang sedang mencari list code product emmc / emcp.
terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel saya selanjut nya

1 komentar untuk "Perbedaan IC EMMC dan IC EMCP Pada Smartphone Android"