Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal PWD Handphone dan Perbedaannya Dengan PCB Elektronik Pada Umumnya


Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang PWB Handphone dan PCB Elektronik. Seharusnya saya posting artikel ini pada postingan pertama blog ini, tapi ya ga apa lah dari pada engga sama sekali buat haha... (seperti pepatah mengatakan, 'lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali' ya kan.. 🙂?)

Kali ini saya akan membahas tentang PWB atau lebih dikenal dengan PCB pada handphone. Jadi seperti apa PWB Ponsel dan apa perbedaannya dengan PCB elektronika pada umumnya? Nah, PWB singkatan dari “Printed Wired Board”, jadi PWB merupakan papan yang terbuat dari fiber glass yang didalamnya terdapat kawat penghantar untuk menghubungkan sekian banyak komponen - komponen yang akan dijadikan suatu rangkaian yang di intergrasikan hanya dalam satu modul.

PWB dan PCB hampir sama fungsi dan jenisnya, Nah PCB singkatan dari “Printed Circuit Board”, PCB ini biasanya hanya mempunyai satu sampai dua lapisan jalur yang ditempatkan pada permukaan depan dan belakang. Berbeda pada PWB ponsel yang mempunyai banyak lapisan jalur, bahkan bisa lebih dari 8 lapisan jalur yang disusun dengan sedemikian rupa. Yang pastinya dapat sobat bayangkan suatu mesin ponsel dengan begitu banyaknya komponen bahkan sangat kecil ukurannya harus terhubung antara satu komponen dengan yang lainnya dijadikan satu rangkaian yang terintergrasi dalam satu modul wih pusing ya hehe, padahal PWB Ponsel sangat kecil dan dibatasi ukurannya.

Jadi agar ukuran ponsel tidak menjadi besar, dibutuhkan jalur yang bukan hanya 1-2 lapisan melainkan sampai 8 lapisan bahkan bisa sampai lebih, agar jalur-jalur tersebut tidak membutuhkan lahan tempat (area) yang sangat luas, begitu, paham kan maksudnya, wkkk... teknisi mah pasti paham.

Inilah Kerusakan yang sering terjadi pada PWB Handphone :

  1. Inidia korosi sering menjadi penyebab utama dari kerusakan PWB, yang menjadi jalur-jalur PWB sangat kecil dan tipis, akibat nya korosi jalur menjadi terputus.
  2. Terjadinya konsleting, hubung singkat secara elektronik bisa mengakibatkan jalur terputus, sama halnya dengan sebuah sikring, bila arus listrik yang melewati kawat/jalur melebihi dari kapasitasnya maka pasti jalur tersebut akan terbakar dan putus jalur.
  3. Nah yang sering terjadi oleh tuser adalah Benturan keras sering kali terjadi akibat ponsel jatuh atau terlempar keras bisa mengakibatkan PWB menjadi bengkok, jalur-jalur yang terdapat di lapisan tengah sangat rentan terhadap lekukan dan bisa mengakibatkan jalur PWB terputus.
  4. Kecerobohan atau kesalahan dalam melakukan penyolderan yang mengakibatkan terminal-terminal jalur terputus.
  5. Penggunaan pada Solder atau Hotair (Blower) terlalu panas atau melebihi batas suhu yang dianjurkan.

Jadi itulah artikel singkat tentang PWD Handphone dan PCB Elektroni yang diberi judul Mengenal PWD Handphone dan Perbedaannya Dengan PCB Elektronik Pada Umumnya, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua, sampai jumpa di pembelajaran Teknik Dasar Selanjutnya.

Salam Satu Blower.

Posting Komentar untuk "Mengenal PWD Handphone dan Perbedaannya Dengan PCB Elektronik Pada Umumnya"