Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Direct ISP pada OPPO R831K


Pada kali ini kita akan bahas seputar kerusakan ponsel oppo, (Oppo yang kali ini kita bahas khusus yang menggunakan Chipset Mediatek). Sudah tested berdasarkan pengalaman pribadi dengan Direct ISP pada OPPO R831K saya sendiri. Saya sering banyak sekali mendapatkan masalah stuck logo di ponsel oppo yang ber chipset mediatek, kadang solusi nya hanya cukup di flash saja via SP Flashtool ponsel bisa normal lagi, Tetapi ada pula yang kembali error stuck di logo lagi, setelah pemakaian beberapa waktu, dan akhirnya saya putuskan untuk flash kembali via SPFT, proses flashing berjalan bagus sampai 100% sukses. Sesudah itu saya coba hidupkan ponsel oppo nya, ehh.. ternyata masih stuck di logo, saya coba cari permasalahannya dengan googling sana sini, dan udah berbagai cara saya coba mulai dari format whole flash di bagian tab format spft, saya reset/wipe data di recovery mode, namun gagal (Wipe Data & Cache Filed) sudah dicoba firmware backup dari ponsel oppo yang normal, dan sudah di coba pake berbagai jamu, tapi sayang hp nya tidak mau hidup alias stuck on logo, mulai stress rasanya karna sudah saya coba semuanya namun tetap saja masih stuck logo, lalu saya terdiam dan membisu mulai lelah rasanya ini otak hahaha, udah 3 hari kurang tidur begadang terus nyari solusi untuk menyelesaikan masalah Oppo yang stuck di logo ini (curhat dikit hehe...).

Hampir mau nyerah rasanya karna udah mentok, tapi saya tidak boleh menyerah, terus dan terus meriset masalah hp oppo yg stuck di logo, akhirnya mulai ada jawaban untuk masalah ini, ada cara baru saya coba untuk masuk recovery mode, lalu pilih usb mass storage mode, lalu hubungkan hp Oppo ke usb komputer, seharusnya penyimpanan internal ponsel terdeteksi dalam mode ini, tapi ternyata ini tidak! dari sini saya mulai curiga ini ada kesalahan di area partisi eMMC-nya, ternyata oh ternyata benar!. Jadi selama ini ponsel Oppo yang masih tetap bandel stuck logo meskipun telah di coba di flash dengan berbagai cara tapi hasilnya masih stuck logo, jawabannya ternyata chip IC eMMC-nya sudah lemah atau kemungkinan corupt di area partisi user data.

Ciri-ciri dari eMMC yang sudah lemah:
  1. Seing muncul pesan error unfortunately force closes has stoped
  2. Sering Hank/Stuck padahal aplikasi tidak banyak dan OS Official baru saja di flash
  3. Kadang kalau kita buka aplikasi, ponsel menjadi hank tidak merespon sama sekali sampai mesti cabut batre untuk me-restart ponsel.
  4. Kalau melakukan wipe data and cache hasilnya tidak berubah aplikasi masih tetap seperti semula
  5. Khusus oppo chipset mediatek jika dalam keadaan mati di charge cuma tampil petir saja tapi tidak mengisi batre.
  6. Terjadinya Unmount SD / internal memori tidak terbaca

Jika ponsel Anda menemui gejala seperti diatas maka waspadalah eMMC ponsel Anda sudah mulai lemah dan kemungkinan bisa mengalami Sudden Death Syndrome.

Nah kesimpulannya untuk masalah stuck logo di ponsel Pppo ber-chipset mediatek seperti R821, R831, R831K, R1001, R2001 adalah dimana kondisi chip eMMC sudah mulai melemah atau bahkan corupt pada area partisi user data sehingga ketika dinyalakan hp hanya stuck di logo tidak bisa masuk ke system android atau home android, di karenakan ada partisi data yg rusak sehingga meski di lakukan flashing dengan berbagai cara hasilnya tetap stuck di logo.

Solusi untuk masalah yang diatas tidak bisa diselesaikan dengan langkah flashing saja, jika kondisi emmc sudah seperti diatas tidak ada jalan lain selain repair eMMC melalui metode Direct ISP dengan menggynakan Box JTAG, ada banyak jenis box jtag yg bisa memperbaiki emmc, saya sendiri memakai UFI Box untuk memperbaiki emmc, itu juga jika kondisi emmc masih baik, maka masih bisa juga menggunakan metode Direct ISP, namun apabila metode direct isp gagal, berarti kondisi emmc sudah rusak parah, tidak ada jalan lain selain mengganti ic emmc nya dengan yg baru.

Tutorial Perbaikan eMMC melalui Box UFI

Kalian harus punya skema pin out ISP emmc nya dulu, dibawah ini contoh gambar ISP untuk oppo


Lalu kita hubungkan tiap pinout seperti DAT0, CMD, CLK, GND, VCCQ, VCC, dari mesin hp ke adapter emmc UFI.

Kalau Vccq dan Vcc tidak saya hubungkan, karena nantinya emmc akan di suplay tegangan dari IC power managament ponsel melalui USB komputer,

Hubungkan adapter emmc ke Box UFI, lalu hubungkan hp ke usb komputer untuk suplay tegangan emmc nantinya, karna vcc dan vccq tidak saya pasang dari adapter tapi langsung dari mesin hp nya.

• Lanjut buka aplikasi emmc tool box nya;

• Beri ceklis kotak kanan atas box direct ISP emmc nya:

• Lalu klik eMMC Identify;

• Klik Factory erase, jika ada pesan warning klik OK saja;

• Lanjut Klik NAND Test, ini berfungsi untuk melihat kondisi partisi user data, jika emmc masih baik maka Log nya akan terlihat;

• Lalu kita pindah ke Tab eMMC Partitions, nah proses inilah yg nantinya akan memperbaiki partisi yg rusak di dalam eMMC tersebut, jangan lupa beri ceklis pada kolom user area dan lanjut klik write partitions setting;

• Jika sudah selesai tahap ini, kita lanjut klik Tab Factory Image;

• Pilih Mediatek di Tab Vendor;

• Lalu masukan file Scatter dari stockrom oppo R831K yg sudah di download sebelumnya, nanti otomatis ada list firmware di Tab sebelah kanan, kita beri ceklis di bagian file Preloader saja, karena kita hanya akan write file preloader saja,lalu klik write;

• Jika sudah sampai langkah ini, berarti kita sudah selesai tahap perbaikan partisi eMMC via direct ISP, cabut kembali sambungan pinout dari adapter eMMC, lalu rakit kembali mesin hp nya, jika sudah selesai, tinggal lanjut ke cara seperti biasa flash menggunakan SP Flashtool;

• Jika sudah berhasil proses Full Flashing nya, setelah ini tinggal lanjut repair IMEI nya, karena IMEI nya pasti Invalid;

• Cek dan akhirnya alhamdulillah ponsel oppo R831K nya berhasil nyala normal lagi.

Demikian Tutorial Direct ISP pada OPPO R831K, semoga bermanfaat untuk semuanya, jika ada kesalahan, mohon maafkan saya, karena saya hanya seorang manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

Jika ada yang ingin bertanya silahkan ketik di kolom komentar atau selebihnya contact saya, oke baik sampai jumpa bertemu lagi di tutorial selanjutnya. Terima kasih atas kunjungannya.

1 komentar untuk "Tutorial Direct ISP pada OPPO R831K"